PROPOSAL
KEWIRAUSAHAAN
SUSU
KACANG KEDELAI
Disusun
Oleh:
Ø Chrisnando
Ananta Tarigan
Ø Debby Chidrina
Rasyid
Ø Fahrizal Azhar
Siregar
Ø G.A Casly
Simanullang
Ø Perwitasari
Ø Visky Monicha SP
![]() |
PROGRAM STUDI ILMU
KESEHATAN MASYARAKAT
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS SARI
MUTIARA INDONESIA
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI................................................................................... i
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang.................................................................................................... 1
1.2 Visi...................................................................................................................... 2
1.3 Misi..................................................................................................................... 2
1.4 Kendala
Usaha.................................................................................................... 2
1.5 Solusi
Kendala Usaha......................................................................................... 2
BAB II PROFIL
BADAN USAHA
2.1 Jenis
Usaha.......................................................................................................... 3
2.2 Nama
Perusahaan................................................................................................ 3
2.3 Lokasi
Perusahaan............................................................................................... 3
BAB III PRODUK
USAHA
4.1 Jenis
Produk........................................................................................................ 5
4.2 Pembuatan
Produk.............................................................................................. 5
4.3 Keunggulan
Produk............................................................................................ 6
BAB IV RENCANA
PEMASARAN
5.1 Target
Pasar......................................................................................................... 8
5.2 Strategi
Pemasaran.............................................................................................. 8
5.3 Penetapan
Harga................................................................................................. 8
5.4 Promosi
Yang Akan Dilakukan.......................................................................... 8
5.5 Pengembangan
Produk....................................................................................... 9
BAB V LAPORAN
KEUANGAN
6.1 Alokasi
Dana....................................................................................................... 10
6.2 Penghitungan
Laba............................................................................................. 11
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang
kedelai, kacang tanah, biji kecipir, koro, kelapa dan lain-lain merupakan bahan
pangan sumber protein dan lemak nabati yang sangat penting peranannya dalam
kehidupan. Asam amino yang terkandung dalam proteinnya tidak selengkap protein
hewani, namun penambahan bahan lain seperti wijen, jagung adalah sangat baik
untuk menjaga keseimbangan asam amino tersebut. Kacang-kacangan dan umbi-umbian
cepat sekali terkena jamur (aflatoksin) sehingga mudah menjadi layu dan busuk.
Untuk mengatasi masalah ini, bahan tersebut perlu diawetkan. Hasil olahannya
dapat berupa makanan seperti keripik, tahu dan tempe, serta minuman seperti
bubuk dan susu kedelai. Hasil olahan berupa susu kedelai inilah yang akan kami
jadikan kegiatan wirausaha, sebab susu kedelai merupakan minuman yang
bernilai gizi tinggi, terutama karena kandungan proteinnya. Selain itu susu
kedelai mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, provitamin A,
vitamin B kompleks dan air (Koswara 2006b). Namun, perhatian masyarakat kita
terhadap jenis minuman ini masih kurang. Susu kedelai harganya lebih murah
daripada susu produk hewani. Susu kedelai dapat dibuat dengan teknologi dan
peralatan yang sederhana, serta tidak memerlukan ketrampilan khusus. Penggunaan
air sumur dapat menghasilkan susu kedelai dengan rasa yang lebih enak. Untuk
memperoleh susu kedelai yang baik, kita perlu menggunakan kedelai yang
berkualitas baik. Dari 1 kg kedelai dapat dibuat 10 liter susu kedelai.
Pengemasan dengan menggunakan cup dan mesin sealer dalam
industri ini diharapkan dapat mengubah penampilan dan merangsang
daya tarik pembeli dibanding dengan pengemasan terdahulu. Melalui redesain
kemasan dimungkinkan waktu yang dibutuhkan untuk mengemas lebih efisien
Peluang usaha
susu kacang kedelai
sangat menggiurkan. Peluang usaha susu
kacang kedelai adalah salah satu peluang
usaha yang mudah mempelajarinya. Peluang
usaha ini juga mudah mendapatkan bahan bakunya. Bisnis susu kacang kedelai juga menjadikannya sebagai alternatif
pilihan susu ketika harga susu formula melambung tinggi. Minuman susu dapat
membantu proses pertumbuhan, memperkuat tulang, memperhalus kulit dsb. Dan
untuk mendapatkannya hanya dengan harga yang murah. Sehingga susu kacang
kedelai dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat.
1.2
Visi
Menjadikan susu kacang kedelai
sebagai minuman penambah nutrisi yang dapat menyehatkan masyarakat
Indonesia dan obat alternative selain resep
dari dokter
1.3
Misi
Usaha ini
didirikan dengan harapan kedepan bahwa susu kacang kedelai produksi kami ini dapat diterima oleh
masyarakat Indonesia pada khususnya dan Masyarakat Dunia pada umumnya. Dan dapat terus berjalan hingga maju dan berkembang
agar bisa membuka cabang di tempat lain. Kami juga meyakini usaha ini dapat
berkembang karena produk yang kami hasilkan bisa di konsumsi oleh masyarakat
pada umumnya.
1.4
Kendala Usaha
Segala macam usaha
tentunya memiliki kendala dan rintangan yang harus di hadapi oleh para
wirausahawan atau pengusaha. Dan kendala yang mungkin dihadapi dalam menjalankan
usaha ini diantaranya :
·
Kurangnya modal
·
Masalah promosi
·
Sumber produk
1.5
Solusi Kendala
Usaha
Setiap kendala pasti
ada solusi, adapun solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah:
·
Dengan modal
sendiri
·
Mensosialisasikan
kelebihan tersendiri dari Susu kedelai yang akan di jual
·
Mencari sumber
produk yang akan di ajak bekerja sama
BAB II
PROFIL BADAN
USAHA
2.1
Jenis Usaha
Jenis usaha yang akan kami jalankan yaitu susu
kacang kedelai yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor,
zat besi, provitamin A, vitamin B kompleks dan air yang dapat menambah nutrisi dan
dapat menyehatkan masyarakat Indonesia pada umumnya.
Usaha ini kami jalankan dengan cara memberikan contoh sampel susu kacang
kedelai kepada masyarakat sekitar, menitipkan kepada warung ataupun toko, dan
berjualan keliling di lingkungan sekitar.
2.2
Nama perusahaan
Usaha
yang kami lakukan ialah usaha kelompok yang bergerak dibidang produksi minuman
yang terbuat dari kacang kedelai ini, kami menamakan usaha tersebut ialah “SUSU
KACANG KEDELAI SEHAT”
2.3
Lokasi Perusahaan
Lokasi
usaha yang akan kami buat di jln. Amalluhur kapten muslim kec. Medan Helvetia
dekat kampus Universitas Sari Mutiara Indonesia.
BAB III
PRODUK USAHA
4.1
Jenis Produk
Jenis Produk yang dihasilkan adalah minuman
kesehatan susu kacang kedelai. Karakteristik produk cocok untuk balita sampai
lansia.
KeunggulanProduk
Yang Dihasilkan
·
Menggunakan kacang kedelai pilihan
terbaik.
·
Menggunakan gula pasir murni
·
Tanpa bahan pengawet.
4.2
Pembuatan Produk
4.2.1
Alat dan Bahan yang digunakan
a.
Alat
Blender 1
buah
Saringan 2
buah
Sendok
sayur 1
buah
Corong 1
buah
Tungku 1 buah
Plastik
1/4 atau 2 ons 2
pack
Sedotan 2
pack
Kantong plastic 3 pack
Kayu 2
ikat
Karet 1 ons
b. Bahan
Kacang Kedelai 2 kg
Gula Pasir 2
kg
Air 10
liter
Daun
pandan 15
lembar
4.2.2
Cara Membuat
1.
Bersihkan kacang kedelai dari kotoran. Gunakan kacang
kedelai yang bersih dan tidak terdapat bercak atau noda hitam. Supaya susunya
enak dan tidak pahit.
2.
Rendam dalam air panas selama sekitar 4 jam hingga
empuk
3.
Blender hingga halus. Kacang kedelai ¼ kg diblender
dengan 1 liter air.
4.
Saring hingga tersisa ampasnya.
5.
Masukkan air hasil saringan ke dalam panci, kemudian
dipanaskan.
6.
Masukkan 2 atau 3 lmbr daun pandan dan ¼ kg gula
pasir.
7.
Aduk-aduk selama sekitar 1 jam hingga mendidih.
Pengadukannya harus terus menerus supaya tidak “pecah”, sehingga tidak mudah
basi.
8.
Angkat, kemudian dinginkan.
4.3
Keunggulan
Produk
Berikut
beberapa keunggulan produk kami di bandingkan produk lainnya:
·
Sumber
protein
Susu
kedelai mengandung protein nabati dimana sangat bermanfaat dalam mengurangi
risiko terjadinya osteoporosis
·
Mencegah
diabetes
Susu
kedelai mengandung selulosa dalam jumlah besar sehingga dapat mencegah
penyerapan gula secara berlebihan. Mengurangi kadar gula dapat mencegah
diabetes. Susu kedelai merupakan asupan penting bagi penderita diabetes.
·
Mencegah
tekanan darah tinggi
Susu
kedelai mengandung steroid, potasium, magnesium yang merupakan zat ampuh untuk
memerangi natrium, salah satu penyebab utama hipertensi.
·
Mencegah
serangan jantung koroner
Steroid,
kalium, magnesium dan kalsium dalam susu kedelai dapat memperkuat dan
meningkatkan aliran darah, meningkatkan nutrisi ke otot jantung, menurunkan
kolesterol serta meningkatkan aliran darah untuk mencegah kejang-kejang. Minum
satu gelas susu kedelai setiap hari dapat menurunkan hingga 50 % kambuhnya
kembali penyakit jantung.
·
Mencegah
stroke
Magnesium
dan kalsium dalam susu kedelai dapat mengurangi lipid dan memperbaiki aliran
darah pada otak sehingga secara efektif mencegah terjadinya infarksi dan pendarahan
otak. Lecitin dalam susu kedelai juga dapat mengurangi kematian sel otak serta
memperbaiki fungsi otak.
·
Mencegah
kanker
Protein,
selenium dan molibdenum dalam susu kedelai bersifat menekan tumor ganas. Sangat
efektif terutama terhadap kanker lambung, kanker usus dan kanker payudara.
Menurut survei, kemungkinan berkembangnya kanker bagi orang yang tidak minum
susu kedelai akan meningkat 50 % dibandingkan dengan mereka yang secara teratur
mengkonsumsi susu kedelai.
·
Mencegah
bronkhitis
Asam dalam
susu kedelai dapat mencegah kejang otot, sehingga dapat mengurangi dan mencegah
timbulnya bronkhitis.
BAB IV
RENCANA
PEMASARAN
5.1
Target Pasar
Segmentasi
Pasar yang Dituju yaitu:
·
Anak
sekolah Play Group sampai SMA
·
mahasiswa/i
·
Ibu
rumah Tangga
·
Karyawan
perkantoran
5.2
Strategi Pemasaran
Dalam
penjualan dan pemasaran produk ini, ada beberapa strategi yang digunakan yaitu
:
·
Menetapkan
harga yang relative murah agar semua masyarakat dapat menjangkau harganya.
·
Melakukan
pelayanan yang terbaik yaitu dengan menerapkan pelayanan prima, sopan dan
ramah.
·
Memenuhi
kepuasan dan permintaan konsumen.
5.3
Penetapan Harga
Setelah memperhitungkan dengan cukup matang,
akhirnya kami tetapkan bahwa harga per bungkus susu kacang kedelai adalah Rp.2000,00 agar kami menghasilkan laba
sesuai dengan yang kami inginkan.
5.4
Promosi yang Akan Dilakukan
Untuk
promosi usaha, kami tidak mengunakan media cetak maupun media elektronik. Namun
kami hanya Mensosialisasikan
kelebihan tersendiri dari Susu kedelai yang akan kami jual kepada masyarakat,
maka kepuasan
konsumen akan secara tidak langsung membantu dalam memperkenalkan produk kami
kepada para konsumen lainnya. Sehingga secara tidak langsung konsumen kami akan
terus bertambah dari waktu ke waktu.
5.5
Pengembangan Produk
Dalam
mengembangkan produk susu kacang kedelai ini, kami membuat dengan berfariasi
rasa yang berbahan alami, seperti penambahan jahe, ataupun buah-buahan yang
diminati oleh konsumen kami
BAB V
LAPORAN KEUANGAN
6.1
Alokasi Dana
6.1.1
Bahan Baku
No
|
Nama Barang
|
Banyaknya
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
1
|
Kacang kedelai
|
2 kg
|
Rp. 8,000
|
Rp. 16,000
|
2
|
Gula
|
2 kg
|
Rp. 12,000
|
Rp. 24,000
|
3
|
Air
|
10 liter
|
-
|
-
|
4
|
Daun Pandan
|
15 lembar
|
-
|
-
|
Jumlah
|
Rp. 40,000
|
6.1.2
Bahan
Pelengkap
No
|
Nama Barang
|
Banyaknya
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
1
|
Sedotan
|
2 pack
|
Rp. 7,000
|
Rp. 14,000
|
2
|
Plastik ¼
|
2 pack
|
Rp. 6,000
|
Rp. 12,000
|
3
|
Kayu
|
2 ikat
|
Rp. 10,000
|
Rp. 20,000
|
4
|
Kantong Plastik
|
3 pack
|
Rp 2,500
|
Rp. 7,500
|
5
|
Karet
|
1 ons
|
Rp. 1,500
|
Rp 1,500
|
Jumlah
|
Rp. 55,000
|
6.1.3
Alat
Pelengkap
No
|
Nama Barang
|
Banyaknya
|
Harga satuan
|
Jumlah harga
|
Masa pakai
|
%
|
Jumlah
|
1
|
Belender
|
1 buah
|
300,000
|
300,000
|
2 tahun
|
0.16
|
480
|
2
|
Saringan
|
2 buah
|
10,000
|
20,000
|
1 tahun
|
0,33
|
66
|
3
|
Sendok sayur
|
1 buah
|
5,000
|
5,000
|
1 tahun
|
0,33
|
16,5
|
4
|
Corong
|
1 buah
|
5,000
|
5,000
|
1 tahun
|
0,33
|
16,5
|
5
|
Tungku
|
1 buah
|
100,000
|
100,000
|
2 tahun
|
0,16
|
160
|
Jumlah
|
835
|
6.1.4
Biaya
Tenaga Kerja
Gaji Pemilik =
Rp 15,000
Gaji tenaga kerja Rp. 10,000 x @2 = Rp 20,000
Rp.
35000
6.1.5
Biaya Lain-lain
Transportasi =
Rp. 20,000
Listrik =
Rp. 5,000
Rp.
25,000
6.1.6
Biaya Proses Produksi
Harga jual Rp 2000 x @240
bungkus = Rp. 480,000
Harga Pokok
Produk
Bahan
baku = Rp. 40,000
Bahan
Pelengkap = Rp. 55,000
Alat
Pelengkap = 835
Biaya
tenaga
kerja
= Rp. 35,000
Biaya
lain
lain
= Rp. 25,000
Jumlah
HPP = Rp. 155,835
6.2
Penghitungan Laba
6.2.1
Laba Kotor
Pendapatan
dari penjualan =
Rp. 480,000
HPP =
Rp. 155,835
Laba
Kotor =
Rp. 324,165
6.2.2
Biaya Penjualan
Biaya Transportasi = Rp. 20,000
Biaya
Listrik = Rp. 5,000
= Rp. 25,000
Laba Bersih = Rp. 299,165
6.2.3
Margin Keuntungan
Rp
299,165
X 100% = 62,32%
Rp.480,000
Rp.480,000
6.2.4
Analisis Keuntungan
Pendapatan perbulan
Omzet Rp 480,000 x 25 hari =
Rp. 12,000,000
Laba Kotor Perbulan Rp 324,165 x 25 hari = Rp. 8,104,125
Keuntungan bersih perbulan
(Rp. 324,165 – Rp. 25,000) x 25 =
Rp. 7,479,125
terimakasih gan..., salam sukses
BalasHapusSangat membantu. Terimakasih
BalasHapusSangat membantu. Terimakasih
BalasHapusTerimakasih kak, sangat membantu. Dan semangat terus
BalasHapusKak bagaimana cara menjumlahkan alat pelengkap itu kak,kenapa hasilnya 835 bukan nya 739 kak?mohon dibantu jawab kak karena saya belum paham
BalasHapus